5 Tim yang Terlibat dalam Pengerjaan Proyek Event Organizer

Mar 21, 2020

5 Tim yang Terlibat dalam Pengerjaan Proyek Event Organizer

5 Tim yang Terlibat dalam Pengerjaan Proyek Event Organizer

     Sebuah event memerlukan persiapan yang matang. Untuk melanakan sebuah acara dibutuhkan adanya kerjasama. Oleh karena itu, biasanya penyelenggara akan membentuk beberapa tim yang saling berkoordinasi. Berikut ini adalah lima tim yang selalu terlibat dalam pengerjaan proyek Event Organizer.

 

Tim Kreatif

     Kreatifitas sangat dibutuhkan dalam bidang ini dimana sebuah ide selalu datang dari proses berpikir yang kreatif. Tim ini bergerak di bidang konsep acara, rincian isi, hingga publikasi acara. Semua gagasan diolah oleh tim ini, sekelompok orang-orang kreatif yang memikirkan tentang konsep acara beserta isinya. Sebagaimana tim pada umumnya, kelompok ini juga memiliki seorang leader yang memanajemen tenaga kerja di dalamnya.

 

Tim Venue dan Dekorasi

     Venue yang akan dipergunakan menjadi tugas tim yang satu ini. Di sisi lain, dalam kelompok ini diisi pula oleh orang-orang yang ahli dalam bidang dekorasi. Maka, venue dan dekorasi menjadi tanggung jawab keduanya. Semua tim adalah kesatuan, pembentukan tim yang lebih kecil ini adalah bentuk pembagian tugas semata. Maka, mereka tetap harus bekerjasama dengan tim lainnya. Biasanya, Tim Venue an Dekorasi perlu menjalin kerjasama yang lebih intens dengan Tim Perlengkapan.

Namun juga sangat memungkinkan untuk menjalin kerjasama dengan vendor eksternal jika event yang dilaksanakan berada dalam skala besar. Apalagi jika venue yang dipilih berupa hotel, gedung pertemuan atau sebuah restoran.

 

Tim Konsumsi dan Akomodasi

     Tak mungkin dalam sebuah acara sama sekali tak ada konsumsi dan Akomodasi. Maka, sebuah event juga membutuhkan tim khusus yang mengurus soal konsumsi dan Akomodasi baik itu dengan mengolah sendiri atau bekerja sama dengan vendor eksternal. Tim ini pula yang merencanakan jenis konsumsi dan anggaran yang diperlukan.

 

Tim Operasional

     Pelaksanaan bertumpu pada tim operasional yang bekerja di lapangan dan biasanya memiliki anggota paling banyak. Bahkan bisa terdiri dari anggota tetap dan anggota tambahan. Tugas mereka mencakup bidang perlengkapan, transportasi, keamanan, kebersihan, moderator, pembawa acara hingga kru belakang panggung.

 

Tim Administrasi dan Keuangan

     Tanpa adanya tim ini, event tidak akan terlaksana karena budget acara dianggarkan oleh Tim Administrasi dan Keuangan. Tentunya anggota tim ni dipilih berdasarkan kompetensi dan kepercayaan dari semua anggota event organizer.

By: Allen #Event Paris