5 Tips Memilih Event Organizer yang Tepat

Mar 21, 2020

5 Tips Memilih Event Organizer yang Tepat

5 Tips Memilih Event Organizer yang Tepat

     Mempercayakan persiapan dan pelaksanaan sebuah acara kepada EO atau Event Organizer adalah salah satu alternatif yang tepat jika Anda tidak ingin disibukkan dengan berbagai macam urusan. Biasanya, pihak Event Organizer akan memanajemen anggaran, konsep acara, venue, dekorasi hingga publikasi acara.

Untuk menjamin acara dapat berjalan lancar dan sesuai keinginan, harus ada kerjasama dan kepercayaan yang baik di antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebelum Anda mempercayakan pekerjaan ini kepada penyedia jasa Event Organizer, sebaiknya simak tips berikut ini.

 

Mengetahui Track Pengalaman Tim

     Sebelum terjadi kesepakatan, Anda berhak mengetahui track pengalaman Tim pihak Event Organizer. Bagaimana tingkat keberhasilan acara yang ditangani? Berapa banyak acara yang sudah dilaksanakan? Bagaimana testimoni dan rekomendasi dari pengguna jasa Event Organizer tersebut?

Hal-hal tersebut dapat menjadi patokan utama Anda ketika hendak menjalin kerjasama. Namun, masih ada tips lain untuk membuat Anda merasa yakin bahwa tim yang akan Anda pilih merupakan tim yang tepat.

 

Mengetahui Kompetensi

     Kompetensi dalam bidang Event Organizer mencakup banyak hal mulai dari kreatifitas, kecepatan, teknis, pengelolaan anggaran, manajemen di lapangan dan lain sebagainya. Anda juga harus mengetahui bagaimana mereka akan bekerja. Tentunya, salah satu tumpuan kepercayaan adalah profesionalitas setiap individu di dalam tim.

 

Pengelolaan Anggaran

     Pastikan bahwa apa yang Anda dapatkan sesuai dengan budget yang diserahkan. Dalam hal ini, Anda bisa bernegosiasi terlebih dahulu. Dan jangan lupa, bahwa tim Event Organizer yang baik akan menggunakan anggaran dengan sebaik mungkin, barulah mereka akan mendapatkan hasil yang sesuai dari Anda sebagai pengguna jasa.

 

Memahami Karakteristik Tim

     Setiap individu yang berada dalam tim Event Organizer harus memiliki karakteristik profesional. Disiplin adalah hal yang utama, karena sebuah acara tidak mungkin diundur akibat ketidakdisiplinan selama melaksanakan proses persiapan. Kecuali memang ada hal-hal yang tidak dapat dihindari. Setiap tim harus siap bekerja sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

 

Pastikan Untuk Selalu Menerima Update Laporan

Pastikan pihak Event Organizer dapat meyakinkan Anda untuk selalu memberikan laporan update persiapan yang sedang berjalan.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum menjalin kesepakatan dengan tim Event Organizer agar seluruh rangkaian persiapan dan acara yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

By: Allen #Event Frankfurt